Berbagai Mainan Edukatif yang Mudah Ditemui

Edukasi, Keluarga

Toys store

Tumbuh kembang anak tentunya menjadi prioritas utama. Namun faktanya, tidak sedikit kasus kecelakaan bermula dari hal sepele yakni kesalahan orang tua dalam memilih mainan. Mencegah itu semua, kini sebaiknya lebih selektif memilih media pembelajaran yang banyak dijual di toys store.

Rekomendasi Mainan Edukasi

Sebagai orang tua tentunya menginginkan hal baik untuk anaknya. Mengingat hal ini sebaiknya jangan sembarangan dan lebih bijak dalam memberikan mainan. Berikut ini ada beberapa media pembelajaran edukatif yang bermanfaat pada tumbuh kembang si buah hati:

  • Balok Lego

Lego merupakan salah satu jenis mainan edukatif anak yang cukup populer dan banyak dijual di berbagai toys store. Bentuknya pun beragam, mulai dari persegi, segitiga serta lainnya. Menariknya lagi, alat ini hadir dengan warna berbeda-beda.

Banyak manfaat yang bisa Anda ajarkan kepada anak melalui lego. Mulai dengan melatih gerak motorik, memperkenalkan jenis-jenis warna serta bentuk. Lebih pentingnya lagi, kreativitas semakin meningkat dan kemampuan problem solving juga akan terasah.

  • Flash Card

Flash card bisa menjadi pilihan tepat bagi orang tua yang sedang mencari alat peraga untuk meningkatkan kemampuan otak anak. Seperti namanya, isinya berupa kartu dengan berbagai gambar atau kata. Mainan edukatif ini cocok bagi balita maupun usia sekolah.

Bermain flash card selain menarik, faktanya juga memiliki banyak manfaat. Menggunakan permainan ini proses belajar akan terasa asyik. Selain itu, orang tua dapat memperkenalkan beragam kosakata baru, sehingga merangsang daya ingat anak menjadi lebih baik.

  • Rubik

Bagi sebagian besar orang tua tentu tidak asing lagi dengan rubik. Mainan berbentuk kubus segi enam yang masing-masing sisinya memiliki warna berbeda. Media edukasi ini nyatanya sangat bagus untuk mengasah kecerdasan otak anak.

Melalui media ini, anak juga dapat belajar untuk melatih kesabaran. Pasalnya untuk menyelesaikan permainan membutuhkan ketekunan. Selain itu, dengan bermain rubik bisa meningkatkan kelincahan gerak motorik dan kemampuan problem solving akan semakin terasah.

  • Puzzle

Puzzle merupakan media pembelajaran dengan metode bongkar pasang ini cukup populer. Berdasarkan berbagai penelitian, permainan yang telah ada sejak abad 18 dapat merangsang kinerja otak kanan dan kiri, sehingga bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Melalui permainan edukatif ini dapat membawa banyak manfaat. Pertama, kekuatan memori semakin meningkat, pasalnya dalam menyelesaikan puzzle anak harus mengingat kembali potongan gambar. Kedua, melatih gerak motorik dengan mengkoordinasikan mata dan tangan.

  • Magic Drawing Board

Bingung mencari alat peraga untuk merangsang kemampuan otak kanan? Drawing board bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, dengan media berupa papan tulis anak dapat bereksplorasi mengasah kreativitasnya melalui menggambar.

Aktivitas belajar ini mungkin nampak sepele, nyatanya metode ini sangat bagus untuk perkembangan otak. Mungkin banyak orang tua yang belum tahu, jika dengan menggambar dapat mengurangi emosi negatif, sehingga pikiran anak menjadi lebih rileks.

  • Magic Color Beans

Magic color beans merupakan mainan edukatif berupa papan lengkap dengan manik-manik serta cermin. Media pembelajaran ini sangat bagus untuk merangsang kemampuan kognitif. Namun sayangnya, permainan itu tidak cocok bagi anak balita.

Melalui permainan ini anak dapat belajar banyak hal. Mulai dari pengenalan berbagai jenis warna sampai melatih kesabaran dan konsentrasi. Pasalnya, untuk dapat merangkai sebuah bentuk, maka membutuhkan koordinasi yang baik antara mata, tangan serta daya imajinasi.

Itulah beberapa rekomendasi mainan edukatif yang bisa Anda temui di berbagai toys store. Semoga informasi ini dapat menjadi sumber inspirasi saat bingung memilih media peraga untuk mengasah kecerdasan anak.